Jumat, 07 November 2014

||Vocaloid|| Megurine Luka

Megurine Luka dirilis pada tanggal 30 Januari 2009 dan merupakan seri Character Vocal (CV) yang terakhir. Nama Megurine Luka berasal dari kata Meguri (巡, menyebarkan atau sekitar) dan Ne (音, suara), sedangkan kata Luka berasal dari kata homonim dari “nagare” (流, mengalir) dan “ka” (歌, lagu) atau “ka” (香, aroma), sehingga namanya berarti “Lagu yang menyebar ke seluruh dunia seperti aroma yang menyebar”. Luka berumur 20 tahun dan memiliki tato bertuliskan “03” pada lengan kirinya yang menandakan bahwa dia termasuk seri Character Vocal dengan nomor urut 03. Luka termasuk vocaloid bilingual yang bisa berbahasa Jepang dan Inggris sejak awal dirilis. Sejak saat itu, peminat vocaloid yang bisa berbahasa Inggris menjadi meningkat. Pembeli merasa tertarik untuk membeli Luka karena mereka bisa menggunakan dua bahasa dalam satu vocaloid dan mereka juga bisa mencoba menggunakan bahasa Inggris pada lagu buatan mereka. Pembuatan voicebanknya membutuhkan waktu selama 8 bulan karena voicebank bahasa Inggris memang lebih sulit untuk dibuat dibandingkan voicebank bahasa Jepang.

Para fans vocaloid berselisih pendapat mengenai bagaimana character item Luka, hal ini membuat perdebatan besar diantara mereka. Akhirnya internet meme mengakhiri perdebatan diantara mereka. Tako Luka sering muncul dalam internet meme sehingga membuat Tako Luka menjadi terkenal seperti Hachune Miku. Dalam internet meme Luka juga sering muncul dengan ikan tuna sehingga hal ini menjadikan ikan tuna sebagai character item Luka.
Megurine Luka direncanakan akan memiliki append seperti Hatsune Miku atau Kagamine Rin, namun sampai sekarang masih dalam tahap pengembangan dan belum jelas kapan Luka append akan dirilis. Crypton Future Media telah menyatakan akan memperbarui Megurine Luka dan Meiko menjadi Vocaloid 3, namun Crypton tidak menyebutkan dengan jelas kapan versi Vocaloid 3 dari keduanya akan dirilis.

Megurine Luka adalah vocaloid pertama yang memberikan dampak besar terhadap popularitas Hatsune Miku yang saat itu sedang naik daun. Lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Luka berhasil mengalahkan popularitas dan rangking mingguan terhadap lagu-lagu Miku yang terkenal pada saat itu.
Karena Luka berumur 20 tahun, suaranya terdengar lebih dalam, lebih halus, dan lebih dewasa dibandingkan dengan seri Character Vocal lainnya. Suaranya cocok untuk digunakan untuk berbagai jenis aliran musik dan dia memiliki jangkauan vocal yang cukup jauh.

Jenis Kelamin : Perempuan
Tanggal Rilis : 30 Januari 2009
Umur : 20 Tahun
Tinggi Badan : 162 Cm
Berat Badan : 45 Kg
Perusahaan : Crypton Future Media
Voice Provider : Yū Asakawa
Bahasa : Jepang dan Inggris
Ilustrator : KEI
Operating System : XP, Vista (32 bit)

Sumber 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar